Thursday 28 April 2016

Rahasia Mencari Artikel Terbaru Di Google

Google memang sudah menjadi "teman" kita dalam berselancar di internet. Beriring dengan berjalannya waktu Google juga selalu memperbaiki mesin pencarinya agar selalu lebih baik dan bisa memberikan hasil pencarian yang relevan bagi penggunanya.


Rahasia Mencari Artikel Terbaru Di Google

Sebagai seorang blogger, saya harus selalu update berita atau minimal selalu update dengan topik yang relevan dengan topik blog saya. Untuk itu saya biasa untuk menggunakan teknik ini untuk mencari artikel yang relevan dan tentunya terbaru.

Mungkin jika anda sudah sering menggunakan Google, anda sudah tahu teknik yang akan saya jelaskan ini. Tapi jika anda jarang-jarang memakai google, mungkin ini adalah hal yang baru bagi anda.

Mengapa Harus Artikel Baru?


Saya seing sekali mencari produk-produk promo melalui google. Nah masalahnya promo selalu terbatas oleh waktu. Jika kalau kita tidak menggunakan teknik ini, maka kita tidak akan menemukan promo yang paling baru.

Biasanya saya menggunakan teknik ini untuk mencari promo hosting dan domain (soalnya ane blogger gan). Dengan teknik ini, saya selalu mendapatkan informasi promo terbaru dari beberapa penyedia layanan hosting.

Bagaimana caranya?

Silahkan anda masukkan "kata kunci" apa saja di kolom pencarian di google. Ya, anda akan melihat ratusan ribu halaman yang muncul (hanya 20 yang tampil di setiap halaman hasil pencarian google)

Dan terkadang semua artikel tersebut sudah nggak up to date, artinya itu adalah artikel lama yang ditulis 5 tahun yang lalu. Mungkin sudah banyak yang berubah dari materi yang anda cari. 

Untuk mencari artikel terbaru, anda bisa menggunakan fitur filter pada pencarian Google.


Setelah itu coba klik "alat penelusuran" di bawah kolom yang anda gunakan untuk memasukkan kata kunci. Ada tiga pilihan yang bisa anda gunakan untuk memfilter hasil pencarian Google. Pertama adalah memfilter bahasa, kedua adalah waktu, dan ketiga hasil.

Disini kita akan gunakan filter waktu. Karena pada dasarnya kita akan mencari artikel terbaru. Maka yang berpengaruh adalah variabel waktu.


Nah, anda bisa memfilter artikel yang dipublikasikan setahun terakhir, sebulan terakhir, seminggu terakhir, sehari terakhir, bahkan satu jam terakhir. 

Jika anda menggunakan fungsi ini, maka anda akan tahu siapa yang terakhir menuliskan tentang apa yang anda cari. Jika anda ingin mencari waktu dua bulan terakhir, anda bisa gunakan fungsi "rentan tertentu". Disitu anda bisa mengatur artikel yang akan muncul pada hasil pencarian google.

Software

More

Copyright © 2012 JAJURI.com | Tech For Everyone All Right Reserved