Sunday 13 September 2015

Sistem Informasi Pemenuhan Nilai Gizi Makanan Ibu Hamil Dengan Metode Cooper Berbasis Android

SISTEM INFORMASI  PEMENUHAN NILAI GIZI MAKANAN IBU HAMIL DENGAN METODE COOPER BERBASIS ANDROID STUDI KASUS: PUSKESMAS MRANGGEN II



Siti Mualimah 1) , Budi Hartono 2)
Mahasiswa Managemen Informatika STEKOM Semarang 1)
Dosen Managemen Informatika STEKOM Semarang2)
Mualimah21@gmail.com,  Budi@stekom.ac.id

ABSTRAK
Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Ibu hamil yang kekurangan gizi dapat mengakibatkan terjadinya Bayi lahir premature, kematian janin, kelainan system saraf pusat bayi, maupun perkembangan yang tidak normal, cacat bawaan, anemia pada bayi, berat badan lahir rendah, serta bayi baru lahir dengan status kesehatan rendah
Permasalahan yang sering muncul saat ini Kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya pemenuhan gizi /nutrisi  untuk ibu hamil. Dikarenakan kurangnya informasi dan juga pendidikan ibu hamil . Penelitian ini, Merancang sistem Pemenuhan Nilai Gizi Makanan Ibu Hamil dengan Metode COOPER berbasis Android. Bertujuan untuk memudahkan ibu hamil dalam mencari informasi tentang asupan gizi melalui pemilihan menu makanan.
Penulis menggunakan metode Cooper, karena metode tersebut sangat cocok digunakan untuk  menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil. Metode Cooper menghitung jumlah kalori dengan mengolah berat badan ideal ibu hamil, aktifitas ibu hamil, serta jumlah jam tidur ibu hamil Menurut Poedysmoro (2005).
Untuk penyelesaian persoalan diatas maka perlu dirancang sebuah aplikasi sistem informasi berbasis Android untuk Pemenuhan Nilai Gizi Makanan Ibu Hamil yang diharapkan dapat membantu peran masyarakat, Memudahkan ibu hamil dalam mencari informasi tentang asupan gizi melalui pemilihan menu makanan. Informasi tersebut nantinya dapat di akses oleh  ibu hamil untuk mengetahui pemenuhan gizi melalui menu makanan yang harus di konsumsinya. Melalui tampilan Android yang menawarkan solusi sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana.

Kata kunci                  : Sistem informasi, ibu hamil, cooper, android
Junlah Halaman          :

1.1         Latar Belakang
Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini. Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Namun, ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya.
Makanan yang harus di hindari selama kehamilan misalnya kopi, teh, alkohol, rokok, makanan mentah / setengah matang, ikan tertentu yang kaya merkuri  (ikan pari, kerang, dan ikan kaleng), hindari makanan cepat saji, keju lembut dan telur. Telur  memiliki  sumber  protein  tinggi  berkualitas  dan  kandungan  nutrisi  penting seperti  choline.  Tetapi  telur  juga  berisiko terkontaminasi  bakteri  Salmonella, yaitu bakteri berbahaya bagi perempuan hamil.
Permasalahan yang sering muncul saat ini Kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang pentingnya pemenuhan gizi /nutrisi  untuk ibu hamil. Dikarenakan kurangnya informasi dan juga pendidikan ibu hamil, Ibu hamil banyak yang tidak memperhatikan mengenai pola makan setiap harinya. Mereka berfikir bahwa nenek moyang mereka yang dahulu tanpa berkonsultasi tentang menu makanan apa yang harus di makan bayi mereka dalam keadaan baik. Mereka beranggapan bahwa makana yang banyak itu sudah mencukupi nutrisi untuk janin yang dikandungnya.
Penulis menggunakan metode Cooper, karena metode tersebut sangat cocok digunakan untuk  menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil. Metode Cooper menghitung jumlah kalori dengan mengolah berat badan ideal ibu hamil, aktifitas ibu hamil, serta jumlah jam tidur ibu hamil.Tahap - tahap mengukur jumlah kalori (nutrisi) yang dibutuhkan ibu hamil ada beberapa tahap.Tahap pertama dengan menghitung berat ideal dari ibu hamil tersebut.berat badan ideal didapatkan dari perhitungan antara tinggi badan dan usia kandungan. Tahap kedua dengan menghitung jumlah kalori dapat dihitung setelah berat badan ideal ibu hamil telah diketahui sistem melalui pemilihan menu makanan ibu hamil. Menurut Poedysmoro (2005).
Untuk penyelesaian persoalan diatas maka perlu dirancang sebuah aplikasi sistem informasi berbasis Android untuk Pemenuhan Nilai Gizi Makanan Ibu Hamil yang diharapkan dapat membantu peran masyarakat, Memudahkan ibu hamil dalam mencari informasi tentang asupan gizi melalui pemilihan menu makanan. Informasi tersebut nantinya dapat di akses oleh  ibu hamil untuk mengetahui pemenuhan gizi melalui menu makanan yang harus di konsumsinya. Melalui tampilan Android yang menawarkan solusi sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana.

1.2         Identifikasi Masalah
Dari uraian di atas, maka didapatkan beberapa pokok permasalahan yang ada di Puskesmas Maranggen II antara lain:
1.      Masih banyaknya ibu hamil yang belum sadar akan pentingnya pemenuhan nili gizi makanan ibu hamil.
2.      Masih banyak ditemukan ibu hamil yang kekurangan gizi karena kurang pasnya komposisi nilai gizi makanannya setiap hari.

1.3         Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memfokuskan permasalahan pada penelitian ini, sebagai berikut :
1.    Basis pengetahuan hanya pada motor Yamaha Matic.
2.    Sistem Informasi yang dibangun hanya digunakan pada Puskesmas Mranggen II sebagai sarana untuk memudahkan ibu hamil dalam pemilihan gizi melalui menu makanan supaya kesehatan ibu dan anak terpenuhi.
3.    Metode yang digunakan adalah Cooper
4.    Bahasa pemrograman yang dipakai adalah Java SE 1.6, IDE yang dipakai adalah Eclipse Juno dengan Plugin Eclipse ADT (Android Development Tools) versi 80, emulator yang dipakai adalah Android SDK (Android Software Development Kit).
5.    Database yang digunakan adalah Mysql
6.    Handphone yang digunakan adalah handphone yang memakai sistem operasi Android antara versi 4.0  hingga versi 4.3 (JellyBean).
7.    Aplikasi system Informasi ini bukanlah untuk mengganti fungsi seorang bidan / ahli gizi, akan tetapi hanya diperuntukkan  sebagai alat pelengkap dan alat bantu yang  terbatas.

1.4         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah :
1.    Bagaimana membuat desain  Sistem Informasi Pemenuhan Nilai Gizi / Nutrisi Ibu Hamil Melalui Pemilihan Menu Makanan  di Puskesmas Mranggen II yang valid dengan menggunakan Metode Cooper?
2.    Apakah Produk  aplikasi Sistem Informasi  Pemenuhan Nilai Gizi / Nutrisi Ibu Hamil  Melalui Pemilihan Menu Makanan Menggunakan Metode Cooper Berbasis Android efektif digunakan di Puskesmas Mranggen II?

1.5         Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu:
1.      Membangun Sistem Informasi Pemenuhan Nilai Gizi / Nutrisi Ibu Hamil  Melalui Pemilihan Menu Makanan Menggunakan Metode Cooper  Berbasis  Android yang valid
2.      Penerapan Sistem Informasi Pemenuhan Gizi / Nutrisi Ibu Hamil  Melalui Pemilihan Menu Makanan Menggunakan Metode Cooper  Berbasis Android yang efektif.

1.6         Manfaat Penelitian
Adapun penulisan penelitian ini dapat memberikan beberapa manfaat antara lain sebagai berikut :
1.         Bagi Akademik
a.         Dengan adanya penelitian ini diharapkan  dapat meningkatkan kualitas lulusan akademi sebagai Sarjana Komputer.
b.        Sebagai referensi tambahan dalam dunia pustaka sehingga dapat bermanfaat baik bagi adik kelas maupun kalangan umum lainnya.
2.         Bagi Puskesmas dan Masyarakat
a.         Bekal pengetahuan Memudahkan ibu hamil dalam mencari informasi tentang asupan gizi melalui pemilihan menu makanan.
b.        Mempermudah tenaga puskesmas dalam pemberian informasi menu makanan sehat ibu hamil.
c.         Menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penggunaan  sistem informasi  Pemenuhan Nilai Gizi Makanan  untuk Ibu Hami.
3.         Bagi Penulis
a.         Penulis dapat membandingkan teori dan praktek yang didapat dibangku kuliah dengan kenyataan yang terjadi dilapangan sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai..
b.        Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan penulis.

1.7         Penegasan Istilah
Pengertian Nutrisi
Nutrisi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses degesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi(Supariasa, 2001).


BAB II
LANDASAN TEORI
A.  Deskripsi Teoritik

1.    Pengertian Sistem
Suatu sistem adalah suatu himpunan komponen atau variabel yang terorganisasi saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lain dan terpadu (Lucas, 2012).
2.    Pengertian Informasi
Sistem Informasi ini mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, meyebarkan informasi untuk tujuan tertentu . (Sutarman, 2009).
3.    Penertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi, dan prosedur kerja yang memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk mencapai suatu tujuan (Mulyanto, 2009).
4.    Pengenalan Cooper
Metode Cooper merupakan metode yang menghitung jumlah kalori dengan mengolah berat badan ideal ibu hamil, aktifitas ibu hamil, serta jumlah jam tidur ibu hamil. Poedysmoro (2005)
5.    Pengenalan Android
Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan kesempatan kepada para pengembang untuk menciptakan pengembangan aplikasi sesuai yang diharapkan. (Nazruddin, 2012).
6.    Pengertian Database Mysql
Database merupakan kumpulan dari datalogical yang berhubungan dan deskripsi dari data tersebut yang dirancang untuk kebutuhan informasi suatu perusahaan. (Connolly, 2010).
Menurut David Axmark (2009) MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen data SQL  (bahasa Inggris : database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user.
7.    PHP
PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server. (Anhar, 2010).
8.    Wamp
Wamp adalah satu paket program web server yang terdiri dari apache, php, dan MySQL. Cukup meng-Install WAMP disatu komputer, maka komputer tersebut akan menjadi web server lokal (localhost). (Ikhsan Wakhida, 2009).
9.    Pengertian UML (Unified Modelling language)
Unified Modeling Language (UML) merupakan notasi grafis yang didukung oleh meta-model tunggal, yang membantu pendeskripsian dan desain sistem perangkat lunak, khususnya sistem yang dibangun menggunakan pemrograman berorientasi objek (Fowler, 2003).



Software

More

Copyright © 2012 JAJURI.com | Tech For Everyone All Right Reserved