Wednesday 13 January 2016

Demak dan Jepara Akan Bangun Proyek Jalan Nasional

Setelah mewacanakan pembuatan jalan tol dari Semarang Jawa Tengah tembus Gresik Jawa Timur yang melintasi Jepara, kini Wakil Bupati Jepara Subroto mewacanakan pembangunan jalan nasional dari Demak sampai Ngabul Jepara. Bahkan Subroto menyatakan rencana pembangunan jalan nasional telah disetujui pemerintah pusat sehingga tahun ini sudah dapat dimulai pengerjaannya.
“Rencana jalan nasional ini sudah disetujui. Tahun ini sudah mulai dikerjakan,” kata Subroto. Menurutnya, jalan yang menghubungkan Jepara dengan kota lain tersebut dimaksudkan untuk mengatasi keterisoliran kota Jepara. Sebab, selama ini Jepara hanya menjadi kota tujuan saja karena letak geografisnya berada di pojok yang tidak ada jalan yang bisa tembus ke kota lain yang berkualitas baik.

Demak dan Jepara Akan Bangun Proyek Jalan Nasional


Lebih lanjut Subroto menjelaskan, pembangunan jalan nasional ini jalurnya nantinya bukanlah jalur Demak-Jepara sampai Ngabul yang sudah ada saat ini. Namun akan dibuatkan jalur tersendiri. Meski begitu pihaknya belum mengetahui secara pasti mana saja yang dilewati dari jalan tersebut. “Ini bukan pembangunan jalan yang sudah ada. Kalau seperti itu hanya peningkatan kelas jalan. Saya tidak mau kalau hanya peningkatan kelas jalan. Sebab, jalan yang sekarang ini ada menurut saya sudah terlalu padat. Bayangkan, 1150 kendaraan per jam yang melewati jalan di Welahan,” terangnya.

Dia menegaskan, proyek tersebut adalah proyek pemerintah pusat. Sehingga, nantinya akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Pemkab Jepara hanya diminta untuk mengurusi pembebasan lahan yang akan digunakan untuk membangun jalan yang direncanakan sepanjang 20 kilometer.

“Jalan nasional ini jangka pendek, tahun ini bisa dimulai. Tapi kalau jalan tol itu jangka panjang. Jadi butuh persiapan yang lebih matang dan lebih lama,” jelasnya. Dia menambahkan, dalam hal ini karena pembangunan jalan mulai dari Kabupaten Demak. Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Hasilnya juga positif dan diharapkan tahun ini benar-benar proses memulai pembangunan jalan dapat direalisasikan. (Sulismanto)

Sumber : http://www.jeparakab.go.id/berita-246-pusat-setuju-proyek-jalan-nasional.html

Software

More

Copyright © 2012 JAJURI.com | Tech For Everyone All Right Reserved